5 Pesepakbola dengan Pendidikan Tinggi

5 Pesepakbola dengan Pendidikan Tinggi

Untuk menjadi seorang pesepakbola professional banyak hal yang mesti dikorbankan. Waktu, uang, tenaga, kebersamaan bersama keluarga hingga pendidikan. Banyak pesepakbola yang tak terlalu memikirkan pendidikannya setelah berada di gemerlapnya dunia sepakbola. Namun ada pula pesepakbola yang berprestasi di dalam maupun di luar lapangan. Deretan pesepakbola di bawah ini mampu berprestasi di lapangan sekaligus berprestasi dalam dunia pendidikan. Siapa sajakah mereka? Berikut ini 5 pesepakbola yang mempunyai pendidikan tinggi.

  1. Socrates

Dalam sejarah dunia sepakbola, mungkin tidak akan pernah ada yang bisa menyamai pencapaian pemain timnas Brazil era 70an ini. Socrates menyelesaikan pendidikan sebagai dokter saat masih aktif bermain sebagai pesepakbola. Socrates tercatat sebagai satu-satunya pesepakbola yang menjadi dokter bedah sekaligus seorang pesepakbola professional.

  1. Gramee Le Saux

Mantan pemain Chelsea ini memiliki gelar sarjana lingkungan hidup. Pemain yang beroperasi di lini tengah ini meneruskan pendidikan di bangku kuliah menjelang berakhirnya karir sepakbolanya. Pilihan yang sangat tepat dari Gramee Le Saux.

  1. Slaven Bilic

Jangan macam-macam dengan pelatih West Ham United ini jika tak mau berhadapan dengannya di pengadilan. Mantan pemain timnas Kroasia ini memiliki gelar sarjana hukum. Bilic resmi menjadi master degree of law setelah pensiun dari dunia sepakbola di tahun 2005.

  1. Steve Palmer

Pemain yang malang melintang di Premier League ini memiliki gelar insinyur dari salah satu Universitas ternama di Inggris, yaitu Cambridge University. Gelar tersebut membawa Palmer menjadi  incaran banyak perusahaan ternama. Namun Steve Palmer tidak bisa jauh-jauh dari dunia sepakbola. Dia lebih memilih bekerja di klub Inggris sebagai staff ahli.

  1. Edwin van der Sar

Kiper legendaris Manchester United memiliki gelar Master of Sports Management. Gelar itu diraih setelah van der Sar pensiun di tahun 2011 lalu. Kini, dengan gelar bergengsinya tersebut, van der Sar menjadi salah satu petinggi di klub yang pernah dibelanya dulu, Ajax Amsterdam.

Itu tadi 5 pesepakbola yang memiliki pendidikan tinggi dan bergelar sarjana. Pendidikan memang sangat penting bagi setiap orang, tak terkecuali bagi para pesepakbola. Pendidikan yang tinggi berpengaruh pada masa depan pesepakbola itu sendiri.