5 Pesepakbola Terbaik Uruguay Sepanjang Masa

5 Pesepakbola Terbaik Uruguay Sepanjang Masa

Uruguay merupakan salah satu kekuatan sepakbola Amerika Latin dan bahkan dunia. Negara yang pernah merasakan manisnya gelar juara dunia pada tahun 1930 dan 1950 ini kerap dianggap sebagai raksasa yang tertidur. Kini, muncul generasi emas baru yang siap memberikan prestasi baru bagi Uruguay. Uruguay memang dikenal sebagai Negara yang rajin menghasilkan talenta terbaik dunia dari waktu ke waktu. Siapa saja pesepakbola terbaik yang pernah dilahirkan Uruguay? Berikut ini 5 pesepakbola terbaik Uruguay sepanjang masa.

  1. Hector Scarone

Pemain ini berkiprah di awal abad 20 dan turut menghantarkan Uruguay menjadi juara Piala Dunia pertama di tahun 1930. Selama 81 tahun, Scarone memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Uruguay, sebelum dipecahkan Diego Forlan.

  1. Juan Alberto Schiffano

Pemain yang menjadi bintang AC Milan di era 1950an ini berhasil mempersemabhakan trofi Piala Dunia 1950 melawan Brazil. Di level klub, prestasi Schiffano juga cukup mengesankan. Pemain yang total mencetak 8 gol selama karirnya bersama timnas pernah merasakan manisnya gelar Serie A bersama AC Milan.

  1. Diego Forlan

Penyerang ini melejit namanya ketika dibeli oleh Manchester United. Forlan kemudian pindah ke La Liga dan makin bersinar bersama Villareal dan Atletico Madrid, dimana dia juga menjadi top skor disana. Forlan juga menjadi berhasil mengantarkan Uruguay ke semifinal Piala Dunia 2010 sebelum dikalahkan Belanda di babak empat besar tersebut. Forlan juga beberapa kali mengantarkan Uruguay menjadi juara Copa Amerika

  1. Luis Suarez

Untuk ukuran di level klub, mungkin tak ada yang bisa menandingi Luis Suarez. Pemain ini juga sukses mengantarkan Uruguay menjadi kampiun Copa Amerika di tahun 2011 dan 2015. Luis Suarez berhasil mengantarkan klubnya, Barcelona meraih treble winner di musim 2014/2015 lalu. Hingga saat ini, Suarez adalah pencetak gol terbanyak Uruguay sepanjang masa.

  1. Enzo Francescoli

Pemain ini merupakan gelandang serang yang sangat dikagumi Zidane. Bahkan legenda Perancis tersebut memberi nama anakanya dengan Enzo sebagai bentuk penghormatan. Dari kurun waktu 1982 hingga 1997, Enzo berhasil mengemas 77 caps dengan total 17 gol.

Itu tadi 5 pesepakbola terbaik Uruguay sepanjang masa. Dengan potensi yang dimiliki sekarang, bukan tidak mungkin Uruguay akan kembali merengkuh gelar juara dunia seperti di tahun-tahun awal kompetisi tersebut diadakan.