5 Stadion Termegah di Belanda

5 Stadion Termegah di Belanda

Belanda menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki timnas yang  kuat dan liga sepakbola yang berkembang. Tak hanya itu, sarana dan pra sarana pendukung di Negara Kincir Angin ini juga terbilang cukup lengkap dan modern. Salah satu sarana pendukung terbaik di persepakbolaan Belanda adalah stadion. Beberapa stadion di Belanda dikenal memiliki fasilitas yang mewah dan megah. Berikut ini 5 stadion termegah di Negara Belanda.

  1. Amsterdam Arena

Kandang klub Ajax Amsterdam yang berkapasitas 55.000 tempat duduk ini menjadi stadion kebanggaan warga Amsterdam dan juga kebanggan seluruh warga Negara Belanda. Amsterdam Arena merupakan satu-satunya stadion di Belanda yang mendapatkan predikat kelas A dari UEFA. Dengan predikat tersebut, Amsterdam Arena sejajar dengan stadion-stadion terbaik lainnya di Eropa.

  1. De Kuip

De Kuip merupakan stadion terbesar kedua di Belanda dan merupakan kandang dari salah satu klub raksasa Eredivisie Belanda, Feyenoord. Stadiun yang berada di kota Roterrdam ini mampu menampung hingga 50.000 pasang mata sekaligus. Stadion satu ini juga kerap dijadikan perhelatan konser oleh musisi-musisi papan atas dunia.

  1. Philips Stadium

Stadion ini merupakan rumah dari klub raksasa Belanda, PSV Eindhoven. Stadion yang memiliki kapastias 35.000 tempat duduk ini terlihat cukup modern. Berbagai fasilitas penunjang di stadion ini pun cukup istimewa, dari ruang ganti pemain yang nyaman, ruangan pers yang mewah, hingga lahan parkir yang luas.

  1. De Golsch Veste

Selanjutnya ada stadion De Golsch Veste yang menjadi kandang klub Eredivisie Belanda, FC Twente. Stadion yang diresmikan pada tahun 1998 ini memiliki kapasitas sebesar 30.000 tempat duduk. Stadion ini beberapa kali mengalami renovasi hingga akhirnya menjadi seperti sekarang.

  1. Abe Lenstra Stadium

Stadion terbesar kelima di Belanda ini bernama Abe Lenstra Stadium. Stadion ini digunakan oleh klub Eredivsie, SC Heerenveen. Stadion yang berkapasitas 26.000 tempat duduk ini diresmikan pada tahun 1993. Kini, Abe Lenstra menjadi salah satu stadion terbesar dan terbaik di Belanda.

Itu tadi 5 stadion terbaik yang ada di Belanda. Meski dalam segi kapasitas stadion-stadion di Belanda kalah dengan Negara lainnya, namun dari segi fasilitas, stadion-stadion di Belanda bisa diadu dengan stadion di Eropa lainnya.