Aneh, Barca Catat Rekor Pemasukan Tapi Keuntungan Malah Menyusut Tajam

Diakhir musim sudah menjadi agenda beberapa klub besar Dunia merilis keuntungan yang mereka dapat sepanjang musim. Salah satunya adalah Barcelona yang disebut telah berhasil mencatat rekor pendapatan pada musim 2016/17.

Berdasarkan hitung-hitungan yang dilakukan oleh Palco 23, Barca bahkan mencetak rekor sebagai klub dengan pendapatan terbesar pada musim lalu. Disini mereka diklaim mencatatkan penghasilan di atas 700 juta euro untuk satu musim. Lebih tepatnya, Barca berhasil mengumpulkan penghasilan sebesar 708 juta euro musim lalu, naik 4,3 persen dari 695 juta euro pada musim sebelumnya.

Yang menjadi menariknya disini ketika semua itu tidak seimbang dengan keuntungan yang mereka dapat. Perhitungan ini belum sepenuhnya di atas memasukkan dana dari penjualan pemain ke dalam perhitungan. Hal yang berbeda ketika klub lain macam Real Madrid dan Manchester United tak menyertakan nominal transfer-transfer pemain.

Musim lalu Barcelona hanya mencatatkan untung sebesar 18 juta euro, mengalami penurunan tajam sebesar 38 persen dari musim sebelumnya sebesar 29 juta euro. Menyambut musim baru kemarin, Barca menargetkan keuntungan mencapai 36 juta euro.

Namun yang terjadi tak bisa dikonfirmasi lebih dalam oleh petinggi Barca perihal kegagalan mereka menembus target. Adapun sisi positif bagi mereka adalah bisa mengurangi utang senilai 247 juta euro, turun 24,5 juta euro dari musim sebelumnya. Meski utangnya terlihat sangat besar, namun hal ini masih terbilang sehat.

Kini Barca masih berusaha untuk mengurangi utang mereka kisaran 200 juta euro sebelum proyek besar untuk merenovasi Camp Nou dimulai. Lantas opsi besar akan mungkin terjadi, dimana mereka akan mulai melepas beberapa pemain yang menerima gaji tinggi.

Dalam proyek jangka panjang tersebut, pihak Barca sudah bekerja sama dengan Aramark sampai dua musim ke depan dengan opsi perpanjangan kontrak dua musim lagi sebagai kontraktor dan operator untuk merenovasi Camp Nou dan membangun Palau Blaugrana.