Aneh Tapi Nyata, Ventura Malah Pilih Ronaldo Ketimbang Buffon?

Satu kejadian aneh tapi nyata baru saja terungkap, dimana sosok pelatih biasanya akan memilih kaptennya sebagai pemain terbaik FIFA ketika memang itu terjadi. Namun berbeda jadinya ketika sodoran proposal itu hadir ditangan pelatih Italia, Giampiero Ventura.

Sangat mengejutkan banyak pihak ketika Ventura secara terang-terangan memilih bintang Real Madrid dan Portugal, Cristiano Ronaldo ketimbang Gianluigi Buffon untuk pemain terbaik FIFA 2017. Sebagaimana kita ketahui bersama jika Buffon adalah kapten Gli Azzurri dan Juventus masuk sebagai nominasi penghargaan tersebut.

Meski pada akhirnya Buffon terpilih sebagai kiper terbaik FIFA 2017, namun tetap saja keputusan Ventura mengejutkan dunia yang terlebih khusus para pecinta sepakbola Italia sebagaimana Buffon akhirnya tersingkir dari tiga besar pemain terbaik FIFA 2017.

Adapun penghargaan ini keluar ketika setiap kapten dan pelatih tim nasional memilih tiga pilihan teratas mereka, dengan preferensi pertama mereka mendapat lima poin, yang kedua tiga poin dan ketiga satu poin. Terlihat jika Buffon mendapatkan suara pertama dari kapten Maroko, Palestina dan Trinidad & Tobago, serta dari pelatih China Taipei, Macau, Armenia dan Rwanda.

Akan tetapi, menjadi hal aneh ketika Ventura yang notabene nya adalah pelatih Italia malah memilih Ronaldo sebagai yang pertama, Buffon di tempat kedua dan Lionel Messi di pilihan ketiga. Ini jelas tidak biasa, dimana pelatih lain macam pelatih Argentina, Jorge Sampaoli memilih Messi di urutan pertama, Fernando Santos dari Portugal memilih Ronaldo dan Pelatih Belgia Roberto Martinez memilih Eden Hazard, pelatih Kosta Rika memilih Keylor Navas dan pelatih Polandia Adam Nawalka memilih Robert Lewandowski.

Menjadi cerita yang menarik dan pada akhirnya Cristiano Ronaldo sendiri memenangkan penghargaan pemain terbaik FIFA 2017 dengan raihan 43,16 persen suara, sementara Buffon ada di peringkat keempat dengan 6,82 persen suara. Sedangkan Lionel Messi dan Neymar ada diurutan kedua serta ketiga.

Yang semakin menarik disini ketika Buffon sendiri memilih nama Ronaldo di posisi pertama, diikuti oleh rekan setimnya di Juventus, Paulo Dybala dan Luka Modric dari Real Madrid. Malam gala FIFA Football Awards 2017 pun berakhir dengan penuh kebahagian dan aman. Gelar pemain terbaik ini juga menjadikan gelar kedua beruntun bagi Ronaldo, dimana pada musim 2016 bintang Portugal ini juga terpilih sebagai pemenang.