Chelsea Resmi Lepas Kepergian Emenalo Sebagai Direktur Teknik

Chelsea baru saja memastikan kepergian Michael Emenalo dari jabatannya sebagai direktur teknik. Sepanjang masa kerjanya, Emenalo sudah sangat cukup baik memberikan dampak positif pada perkembang The Blues dikancah domestik maupun Eropa.

Kepastian ini telah mengakhiri masa bakti Emenalo selama 10 tahun terakhir dan pertama kali datang ketika era kepelatihan Avram Grant dengan menjabat sebagai asisten pelatih. Dan ketika era kepelatihan Carlo Ancelotti, Emenalo menjabat sebagai asisten pelatih tim muda dan juga bekerja sebagai pemantau kekuatan tim lawan.

Dan masuk pada 2011, Emenalo mendapat kepercayaan baru dengan menjabat sebagai direktur teknik dan berperan besar terhadap pengembangan akademi usia muda serta mendatangkan beberapa pemain muda berbakat dari sepenjuru dunia.

Satu yang patut diapresiasi atas kinerja Emenalo adalah kemampuannya mendatangkan pemain-pemain bintang. Terbukti dia cukup mampu meyakinkan Eden Hazard serta beberapa pemain lain seperti Thibaut Courtois hingga Cesar Azpilicueta untuk datang ke Stamford Bridge.

“Jelas keputusan sulit yang harus saya ambil, namun hal ini menjadi yang terbaik untuk saya, keluarga saya serta untuk klub. Saya merasa terhormat bisa bekerjasama dengan beberapa orang paling bertalenta di dunia olahraga selama 10 tahun terakhir dan saya akan pergi dengan rasa bangga atas apa yang sudah kami dapat.” demikian pernyataan resmi Emenalo dalam akun Chelsea.

Kepergian Emenalo sendiri juga sempat menimbulkan pro kontra, dimana dirinya menjadi sasaran utama pengkritik karena kegagalan mendatangkan beberapa pemain bintang kelas dunia dan yang paling panas adalah keputusan menjual Nemanja Matic ke Manchester United pada bursa transfer musim panas kemarin.