Deretan Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa

Deretan Bek Terbaik AC Milan Sepanjang Masa

Italia memang dikenal sebagai tempatnya bek-bek tangguh dunia. Sepak terjang Cattenacio yang sangat terkenal di tahun 70an membuat Italia kerap diasoisasikan dengan talenta-talenta terbaik di barisa pertahanan. Salah satu klub Serie A yang rajin menghasilkan bek-bek tangguh adalah AC Milan.

Klub Italia tersukses di liga Champions tersebut sudah dikenal sebagai penghasil bek-bek terbaik dunia. Siapa sajakah mereka? Berikut ini 4 bek terbaik AC Milan sepanjang masa.

1. Franco Baresi
Berbicara bek terbaik, AC Milan sangat beruntung memiliki sosok pemain yang satu ini. Franco Baresi merupakan salah satu bek legendaris AC Milan dan Italia. Di era 80an dan awal 90an, Baresi berhasil memimpin Milan meraih berbagai gelar juara. Untuk menghormati Baresi, Milan mempensiunkan nomor punggung 6 yang kerap dipakai oleh Baresi.
2. Paolo Maldini
Maldini adalah pemain Milan yang sukses di tiga dekade yang berbeda, 80an, 90an dan 2000an. Maldini bisa dibilang sebagai kapten tersukses AC Milan. Selama 25 tahun berkarir, Maldini hanya membela satu klub saja, yaitu AC Milan. Sama sperti Baresi, nomor punggung 3 yang biasa dipakai Maldini juga dipensiunkan untuk menghormati jasa-jasa Maldini.

3. Allesandro Costacurta
Costacurta juga menjadi tulang punggung skuad AC Milan di era 80an hingga awal 2000an untuk meraih beberapa gelar domestik seperti Scudetto dan Coppa Italia, serta kompetisi liga Champions Eropa. Selain itu, Costacurta juga menjadi andalan Gli Azzuri di ajang Piala Dunia dan Piala Eropa. Bersama Baresi dan Maldini, Costacurta disebut sebagai generasi emas AC Milan.

4. Allesandro Nesta
Namanya mencuat kala memperkuat Lazio di pertengahan 90an. Pada tahun 2002 Nesta akhirnya pindah ke Milan, karena klubnya saat itu, Lazio, sedang mengalami masalah financial dan harus menjual beberapa pemain. Selama membela AC Milan, Nesta mempersembahkan 2 Scudetto dan juga 2 trofi liga Champions. Meski buka produk asli akademi Milan, Nesta tetap dianggap sebagai salah satu bek terbaik yang pernah berseragam AC Milan.
Itu tadi beberapa pemain belakang terbaik AC Milan sepanjang masa. Kesuksesan Milan menghasilkan bek-bek tangguh dunia membuat Il Rossoneri selalu disegani lawan-lawannya.