Fabio Cannavaro Ajukan Diri Latih Timnas Italia

Legenda sekaligus kapten timnas Italia yang sukses membawa Italia meraih gelar juara Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro memiliki impian suatu saat nanti dirinya bisa melatih timnas Italia. Bukan itu saja, Cannavaro juga dikabarkan sudah siap menggantikan posisi Antonio Conte setelah Piala Euro 2016 berakhir.

Yah benar adanya jika pelatih Italia sekarang, Antonio Conte akan meninggalkan kursi pelatih The Azzurri sebagai alasan ingin mengarsiteki tim sepakbola di level klub dengan agenda pertandingan jangka panjang.

Sedangkan Cannavaro sendiri juga sudah mengetes kemampuan dia untuk menangani tim sepakbola di level klub, terbukti Cannavaro sudah mendapatkan pengalaman kepelatihannya ketika mengarsiteki AL Ahli, Guangzhou Evegrande dan AL-Nassr. Namun karir kepelatihan Cannavaro di tiga klub yang berbeda tersebut tidak berjalan dengan baik, malah sebaliknya. Dirinya lebih banyak menuai kegagalan dan tidak lama Cannavaro harus rela dipecat.

“Sebuah mimpi yang menjadi kenyataan jika saya diterima menjadi pelatih timnas Italia dan itu jelas membuat saya senang bisa kembali merasakan situasi dan kondisi di Italia.” ungkap Cannavaro.

“Namun ini semua bukan perkara yang mudah, akan tetapi saya sudah mengetahui situasi dan kondisi yang berada disana. Saya pernah bersama mereka selama 15 tahun lebih,”

“Saya akui jika saya belum memiliki banyak pengalaman melatih, namum ketika mantan pemain bisa kembali ke wilayah yang membesarkan namanya. Mungkin semua itu menjadi motivasi tersendiri untuk bisa membuktikan jika saya mampu,”

“Inilah sepakbola dengan segala kemungkinan akan terjadi, kita ambil contoh ketika Pep Guardiola tidak pernah diberitahu jika dirinya membutuhkan pengalaman, dengan skuat yang ada seperti Lionel Messi, Samuel Eto’o dan Ronaldinho. Namun semua itu berjalan sangat buruk dan akhirnya semua itu akan mereka keluarkan langsung dari mulutnya.” tutup mantan pemain Real Madrid tersebut.