FIFA Rilis Format Baru Drawing Piala Dunia

Federasi Sepakbola Dunia, FIFA baru saja merilis kepastian format baru yang akan tertuju pada pargelaran Piala Dunia. Disini, FIFA siap membuat empat pot untuk undian babak utama Piala Dunia 2018 yang akan diadopsi dari peringkat internasional dari masing-masing peserta.

Bisa dilihat jika ini perubahan baru yang akan digunakan dan jelas berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, dimana hanya pot pertama yang ditentukan oleh rangking FIFA sementara tiga pot lainnya tetap digolongkan sesuai pembagian konfederasi.

Susunan undian sendiri akan melibatkan 32 tim peserta yang nantinya akan dilakukan berdasarkan rangking masing-masing peserta pada bulan Oktober mendatang. Adapun FIFA membuat sebuah peraturan pembatasan tak lebih dari satu tim berasal dari zona yang sama dalam satu grup.

Situasi ini akan membuat tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia akan berada pada pot pertama yang sudah dipastikan diisi oleh tim-tim terbaik, termasuk Brasil yang sudah memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia mendatang.

Tak hanya pot satu yang menarik perhatian, dibawah mereka akan ada tim tak kalah bagus macam Inggris, Prancis dan Spanyol yang sementara ini belum bisa merangsek naik ke posisi delapan besar peringkat FIFA.

Sampai hari ini, FIFA masih menyelenggarakan babak kualifikasi Piala Dunia dari berbagai zona. Eropa, Amerika, Concacaf, Afrika dan Asia masih menggelar untuk menentukan tim terbaik yang akan mewakilkan benua mereka menuju tangga juara.

Jerman sebagai juara bertahan Piala Dunia 2014 masih diprediksi menjadi tim favorit juara usai mereka sukses menyabet gelar Piala Konfederasi Rusia bulan Juni kemarin.