Hattrick Terbaik Sepanjang Sejarah Piala Euro

Turnamen terbesar benua Eropa bertajuk Piala Euro pertama kali digelar pada 1960, dalam turnamen ini telah menjadi ajang para pemain terbaik Eropa saling unjuk gigi diatas lapangan. Alhasil dalam beberapa pertandingan telah tercipta banyak gol yang berasal dari kemampuan hebat para pemain bintang yang ada dimasing-masing negara peserta.

Salah satu yang terbaik sepanjang sejarah adalah Michel Platini, sosok legenda Prancis ini berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dengan sembilan gol sepanjang putaran fina Piala Euro 1984. Kesuksesan Platini pun semakin sempurna setelah Tim Ayam Jantan keluar sebagai juara turnamen tersebut.

Namun ternyata bukan Platini saja yang berhasil mencetak hatrick dalam satu turnamen Piala Euro, ada nama-nama lain yang berhasil melakukan hal yang sama dengan Platini. Berikut ini merupakan hattrick terbaik sepanjang sejarah Piala Euro dari masa ke masa:

1. Dieter Muller pada semifinal Euro 1976 antara Yugoslavia kontra Jerman.

2. Klaus Allofs di Piala Euro 1980 antara Jerman Barat kontra Belanda.

3. Michel Platini pada Piala Euro 1984 antara Prancis kontra Belgia dan Kejuaraan yang sama pada saat Prancis kontra Yugoslavia

4. Marco van Basten di Piala Euro 1988 antara Inggris kontra Belanda.

5. Sergio Conceicao di Piala Euro 2000 antara Portugal kontra Jerman.

6. Patrick Kluivert pada perempat final Euro 2000 antara Belanda kontra Yugoslavia.

7. David Villa di Piala Euro 2008 antara Spanyol vs Rusia.

Dari sederet pemain diatas, mereka semua sampai sekarang ini masuk dalam buku sejarah pargelaran Piala Euro dan bisa dikatakan ini yang terbaik sepanjang masa. Kemungkinan besar akan datang nama pemain baru, mengingat Piala Euro 2016 akan segera bergulir pada 10 Juni hingga 10 Juli mendatang. Beberapa pemain muda dari berbagai negara peserta berpotensi besar dapat masuk dalam daftar Hattrick terbaik dalam sejarah Piala Euro.