Inilah Curhatan Wasit Piala Dunia 2018

Wasit Piala Dunia 2018

Piala Dunia 2018 akan berjalan sukses dengan berbagai turut andil dari berbagai sisi, termasuk dari sosok wasit pertandingan. Ketika berbicara wasit, maka dalam satu pertandingan tidak akan berjalan andai tidak ada sang pengadil diatas lapangan.

Menyambut Piala Dunia 2018 Rusia, Pierluigi Collina, selaku ketua Komite Wasit FIFA menyampaikan bahwa asisten wasit di pergelaran tersebut mendapatkan direkomendasi untuk tidak mudah dan tidak segara mengangkat bendera offside. Dalam artian, sang ketua berharap agar laga lebih menarik dan lebih memanfaatkan teknologi VAR (Video Assistant Referee).

“Ketika Anda merasa aneh karena asisten wasit tidak mengangkat bendera, maka anda tidak boleh langsung menganggap bahwa mereka telah melakukan kesalahan, tetapi karena mereka menghormati arahan untuk tidak mengangkat bendera,” buka Collina.

“Sampai pada akhirnya semua itu terjadi pada situasi tertentu, yaitu ketika ada insiden offside yang sangat ketat dan ketika ada serangan yang bisa sangat berbahaya. Jika asisten mengangkat bendera, permainan akan terhenti. Jika bendera tidak terangkat, permainan terus berjalan dan mungkin terjadi gol. Tetapi, kami bisa melakukan pengecekan pada teknologi VAR.” tutup Collina.

VAR di Piala Dunia 2018

Wasit Piala Dunia 2018

VAR memang sudah tidak asing bagi dunia sepakbola, teknologi yang dirancang khusus untuk sepakbola ini sudah diperkenalkan diberbagai Liga Terbaik Dunia, termasuk di Eropa. Pro kontrak lahir dalam rancangan teknologi ini, namun banyak juga yang menganggap bahwa VAR bisa membantu kinerja wasit dalam mengambil keputusan agar tidak merugikan tim tertentu.

Kini VAR akan hadir di turnamen besar macam Piala Dunia, hal ini akan menjadi sejarah baru karena menjadi yang pertama turnamen besar mengandalkan sebuah perkembangan teknologi buatan manusia. Meski memberikan satu contoh perubahan, namun tetap saja VAR masih menghadirkan kontroversi.

Piala Dunia 2018 Menekankan Sikap Adil

Wasit Piala Dunia 2018

Menanggapi VAR yang akan hadir di Piala Dunia 2018, Collina, melihat bahwa penggunaan teknologi tersebut jelas bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan hasil pertandingan yang adil dan terbaik selama turnamen berlangsung.

Pembukaan Piala Dunia 2018

Pecinta sepakbola dari seluruh dunia sudah menantikan pembukaan Piala Dunia 2018, waktu dan tempat pun sudah siap memberikan yang terbaik pada dunia. Rusia memiliki jadwal pembukaan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018 pada haris Kamis, 14 Juni 2018.

Dipertandingan perdana, Rusia akan berhadapan dengan Arab Saudi. Sebelum resmi dipertunjukan pertandingan tersebut, acara pembukaan Piala Dunia 2018 akan dimeriahkan oleh sejumlah penyanyi papan atas macam Aida Garifullina dan Robbie Williams.