Jelang Final Liga Champions: Ada Baiknya Melihat Catatan Buruk Jurgen Klopp Di Partai Pamungkas

Jurgen Klopp Final Liga Champions

Pelatih kelahiran Jerman, Jurgen Klopp, berpeluang besar mengantarkan Liverpool menjadi Juara Liga Champions 2017/18 andai mampu mengalahkan juara bertahan, Real Madrid di partai final yang akan dimainkan langsung hari Minggu, 27 Mei 2018 pada pukul 01:45 WIB di Kiev, Ukraina.

Menyambut pertandingan ini, perlu diketahui bahwa Klopp bukanlah pelatih spesialis dalam partai-partai pamungkas. Klopp memiliki pengalaman banyak tampil pada final. Sebelum melatih Liverpool, Klopp pernah mengantarkan Borussia Dortmund ke partai final Liga Champions.

Menarik untuk dicari catatan perihal langkah Klopp pada partai final, tidak hanya di Liga Champions. Namun disini cornerkicks.org, akan mencoba memberikan informasi perihal langkah Klopp di berbagai partai final. Berikut data lengkapnya ada dibawah ini:

Liverpool Final Liga Champions

1. Piala Jerman 2012 (Borussia Dortmund 5-2 Bayern Munchen)

Bisa dikatakan bahwa final ini adalah final pertama Klopp sepanjang karirnya sebagai pelatih. Pada 2012, Klopp sukses mengantarkan Dortmund juara Bundesliga dan dia mampu meneruskan keberhasilan itu di ajang Piala Jerman.

Borussia Dortmund dengan perkasa mengalahkan Bayern Munchen dengan skor cukup telak 5-2. Atas keberhasilan ini, nama Klopp mulai dikenal seluruh dunia.

2. Liga Champions 2013 (Borussia Dortmund 1-2 Bayern Munchen)

Musim 2012 berlalu, musim 2013 hadir dalam kehidupan Klopp. Di musim ini pula, sang pelatih kembali berbicara banyak di ajang Eropa. Kali ini, Klopp berhasil mengantarkan Dortmund melaju hingga ke babak final Liga Champions.

Menariknya, lawan yang mereka hadapi kembali adalah Bayern Munchen. Namun sayang, kali ini, Klopp menelan kekalahan setelah Dortmund takluk 1-2 lewat babak tambahan pada partai final.

3. Piala Jerman 2014 (Borussia Dortmund 0-2 Bayern Munchen)

Bagai momok yang menakutkan, Klopp untuk sekian kalinya berhadapan dengan Bayern Munchen di partai final. Berbeda dari hasil dua tahun sebelumnya, Bayern Munchen tampil perkasa dan membuat Borussia Dortmund kalah dua gol tanpa balas.

4. Piala Jerman 2015 (Borussia Dortmund 1-3 Wolfsburg)

Borussia Dortmund bisa dibilang sebagai tim langganan mencapai babak final Piala Jerman. Namun, pertandingan ini sedikit berbeda bagi Jurgen Klopp, karena posisinya mulai terancam setelah finis di peringkat ketujuh Bundesliga.

Pada akhirnya, Klopp harus merelakan Dortmund kembali gagal mengangkat piala di ajang Piala Jerman. Pada akhirnya, Klopp harus rela didepan dari posisi pelatih Dirtmund lantaran dianggap gagal memberikan prestasi terbaik.

5. Piala Liga Inggris 2016 (Liverpool 1-1 Manchester City)

Menjabat sebagai pelatih baru bersama Liverpool usai didepan dari Dortmund, sosok Klopp langsung mencuri perhatian dengan berhasil bersaing ketat bersama Manchester City dalam perburuan gelar Piala Liga.

Akan tetapi, mentalitas para pemain Manchester City ternyata lebih baik. Setelah bermain 1-1 hingga babak tambahan, Liverpool menyerah setelah kalah adu penalti melawan The Citizens di Wembley.

Melihat catatan di atas dapat disimpulkan bahwa Jurgen Klopp baru sekali memenangkan pertandingan di partai puncak, sisanya mengalami kekalahan. Dan Klopp bisa memperbaiki catatannya tersebut ketika menghadapi Real Madrid nanti.

6. Piala Eropa 2016 (Sevilla 3-1 Liverpool)

Jurgen Klopp kembali mendapat kesempatan sebagai yang pertama dalam memberikan gelar kepada Liverpool dalam karirnya sebagai pelatih di Liga Inggris tersebut. Namun bagai jauh dari keberuntungan, Liverpool harus kalah dari Sevilla dengan skor 3-1.

Sejatinya harapan datang, dimana Liverpool berhasil unggul lebih dulu melalui gol Daniel Sturridge pada babak pertama. Sebelum akhirnya, Sevilla berhasil membalas tiga gol pada babak kedua melalui Kevin Gameiro dan dua gol Coke.

Kini Klopp kembali melaju ke partai final, dimana dirinya diprediksi akan mengeluarkan segala kemampuan terbaiknya agar bisa mengantarkan Liverpool meraih gelar pertamanya di ajang Liga Champion setelah terakhir kali mereka dapat pada musim 2007.