Jerman Dan Turki Jadi Opsi Euro 2024

Pargelaran sepakbola termegah benua Eropa bertajung Piala Euro jelas akan menjadi pusat perhatian setiap empat tahun sekali. Kabar terbaru datang perihal tempat negara terpilih untuk melangsungkan turnamen tersebut, dimana Euro 2024 mendatang sudah memiliki agenda awal dengan memilih Jerman atau pun Turki sebagai tuan rumah berdasarkan keputusan dari UEFA.

Tercantum nya nama Jerman dan Turki berdasarkan pengajuan dari kedua negara tersebut. Mereka menyatakan bersedia jika memang Euro 2024 sudah siap sebagaimana deadline yang ditetapkan UEFA pada 3 Maret kemarin.

Negara lain macam Skandinavia yang meliputi Denmark, Norwegia, Swedia dan Finlandia sempat mempertimbangkan bergabung mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama, akan tetapi pihak tertinggi penyelenggara tidak menyetujui penawaran mereka.

Adapun dari masing-masing federasi sepakbola Turki maupun Jerman terlebih dahulu harus membuat proposal pengajuan diri paling lambat pada April 2018 mendatang. Dan UEFA sendiri baru akan memutuskan siapakah yang berhak menjadi tuan rumah adalah pada bulan September 2018.

UEFA pun siap mengembalikan format lamanya kedalam satu tuan rumah ketika masuk ke musim 2024 usai pargelaran Euro 2020 digelar di 13 kota besar yang menyebar di sepenjuru benua Eropa. Sejarah mencatat jika Jerman Barat pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1974 dan Euro 1988. Dan sejarah kembali terulang ketika Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 digelar setelah Jerman melakukan unifikasi dan melahirkan Italia sebagai juara.

Dan bisa dikatakan sangat berbeda dengan Jerman, ketika Turki berada di benua Eropa dan belum pernah sekalipun menjadi tuan rumah pargelaran Internasional besar. Sebagai bahan penambah jika sebagian besar wilayah Turki jelas masih berada di benua ASIA.