Kaka Resmi Gantung Sepatu

Ricardo Kaka secara terbuka menyampaikan bahwa dirinya resmi gantung sepatu dari dunia sepakbola profesional. Dan peresmian keputusan Kaka sendiri terjadi pada hari Minggu, 17 Desember 2017 malam waktu setempat.

Kaka yang saat ini sedang tidak terikat kontrak dengan tim manapun dengan percaya diri memutuskan pensiun. Adapun Kaka baru saja menyelesaikan kontraknya dengan klub asal Major League Soccer, Orlando City pada bulan lalu.

Dan catatan menjelaskan jika usia Kaka saat ini sudah memasuki 35 tahun. Kepastian pensiun ini diumumkan oleh Kaka dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Globo TV. Dalam kesempatan ini, Kaka tak mau memutuskan terlalu cepat perihal karir apa yang akan dia jalani pasca pensiun.

“Kata terakhir saya adalah bahwa siklus dari karir saya sebagai pemain profesional berakhir di sini. Saya hanya butuh waktu untuk berpikir kembali dan mendapatkan ketenangan sementara,” jawab Kaka.

“Sikap saya sekarang adalah untuk tetap berada di sepakbola dan memiliki tugas lain. Saya ingin menjadi bagian dari klub dengan tugas yang berbeda dengan menjadi seorang manajer, direktur olahraga,”

Terlepas dari pengakuannya di acara televisi, Kaka pun memberikan pesan kepada semua pendukungnya dengan menuliskan cuit di akun resmi twitternya. Dalam tulisan itu, Kaka mengucapkan syukur kepada Tuhan atas apa yang sudah dia dapat di dalam karir sepakbolanya.

“Ayah, ini lebih dari apa yang pernah saya bayangkan. Terima kasih! Saya sekarang siap untuk perjalanan selanjutnya. Dalam nama Yesus. Amen”.

Sepanjang karir profesionalnya, Kaka mulai muncul sebagai pemain fenomenal bersama AC Milan. Di klub Serie A inilah Kaka sukses mendapatkan banyak gelar, dimana gelar itu dia dapat melalui juara Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub pada tahun 2007.

Dan setelah mencapai babak tertinggi di Milan, Kaka pun memutuskan memulai petualangan baru dengan bergabung ke Real Madrid. Meski tidak terlalu cemerlang, namun di La Liga Kaka cukup membantu Madrid mencapat target akhir musim. Adapun penghargaan individu Kaka yang paling besar adalah menjadi pemain terakhir peraih Ballon d’Or sebelum didominasi oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.