Kembali Messi dan CR7 Kembali Bersaing di Ballon dOr

Kembali Messi dan CR7 Kembali Bersaing di Ballon dOr

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Neymar akhirnya masuk sebagai tiga kandidat utama peraih gelar Ballon d’Or tahun 2015. FIFA merilis nama-nama tersebut akhir pekan lalu. Pemenang akan diumumkan pada  11 Januari 2016 mendatang. Ini adalah untuk pertama kalinya Neymar masuk dalam nama final nominasi peraih gelar Ballon d’Or. Neymar sendiri belum pernah memenangi gelar individu paling bergengsi di dunia sepakbola ini. Sementara Messi dan Ronaldo masing-masing telah mengkoleksi 4 dan 3 gelar.

Cristiano Ronaldo merupakan pemenang dalam 2 edisi Ballon d’Or terakhir. Raihan Ronaldo tersebut sekaligus mengakhiri dominasi Lionel Messi yang memenangi gelar tersebut dalam 4 tahun berturut-turut. Tahun ini, Ronaldo mengincar gelar keempatnya untuk bisa menyamai Messi. Lionel Messi sendiri menjadi nama yang paling difavoritkan dalam ajang Ballon d’Or tahun ini. Pencapaian Lionel Messi bersama Barcelona musim ini menjadi salah satu indicator bahwa gelar Ballon d’Or akan jatuh kembali ke tangan kapten timnas Argentina ini.

Messi berhasil menjadi aktor utama dalam kesuksesan Barca meraih tiga gelar di tahun 2015. Di tahun 2015, Barca memang sukses meraih treble winners dimana mereka meraih 3 gelar bergengsi yaitu La Liga Spanyol, liga Champions dan Copa Del Rey. Jika sukses menjadi yang terbaik pada edisi kali ini, Messi akan menggenapi koleksi gelar Ballon d’Or miliknya menjadi 5, dan akan memperlebar jaraknya dengan raihan Ronaldo yang telah mengkoleksi 3 gelar. Dalam 7 edisi Ballon d’Or terakhir, Messi dan CR7 memang menjadi rival di ajang Ballon d’Or.

Selain mengumumkan nama final untuk kategori pemain terbaik pria, FIFA juga merilis nama final untuk kategori-kategori lain seperti kategori pesepakbola wanita terbaik, pelatih terbaik, hingga nominasi gol terbaik tahun ini atau biasa disebut dengan Puskas Award. Di kategori pesepakbola wanita terbaik ada nama Carli Llyod dari Amerika, Aya Miyama dari Jepang serta Celia Sasic dari Jerman. Untuk kategori pelatih terbaik ada nama pelatih timnas Chile Jorge Sampaoli yang diapit oleh dua pelatih klub top Eropa, Luis Enrique dan Pep Guardiola.

Sementara nominasi gol terbaik tahun ini atau Puskas Award adalah Lionel Messi saat membobol gawang Athletic Bilbao, Wendell Lira dan Alessandro Florenzi di ajang liga Champions Eropa musim ini.