Kerasnya Dunia Sepakbola Buat Messi Tumbuh

Carles Rexach melihat perjalanan karir mega bintang Barcelona, Lionel Messi sebagai pertumbuhan yang pantas untuk dijadikan inspirasi oleh pesepakbola muda. Mantan direktur Barca tersebut mengatakan lebih dalam bahwa Messi berhasil tumbuh menjadi pemain yang kuat karena tekanan yang dia dapat selama ini.

Messi muncul di skuat Barca dengan usia yang sangat muda, dia memutuskan untuk hijrah dari tempat kelahirannya di Rosario, Argentina. Setalah mengikat kesepakatan dengan Barca, Messi berkembang di tim muda klub sebelum menembus tim inti di 2004 dan mencetak gol perdananya di penghujung 2005.

Perjalanan pun dimulai Messi dengan banyak rintangan, hasilnya dia berhasil tumbuh menjadi salah satu pesepakbola terbaik dunia. Yang patut diketahui bahwa perjalanan Messi sampai sekarang ini tak didapatkan dengan cara mudah, Carles menyebut Messi jatuh bangun untuk mencapai level tinggi.

“Messi dan keluarganya ingin jaminan finansial. Sebelumnya, kami tak kunjung mencapai kesepakatan dan masalahnya bukan uang. Kami ingin merekrutnya, namun karena dia bukan orang Eropa, dia tak bisa bermain di La Liga di tim muda. Dia hanya bisa main di laga uji coba,”

“Jalan tengah terjadi, dengan menjalin kontrak spesial bersama sang ayah. Klub masih belum yakin, karena ada banyak masalah yang harus diselesaikan untuk seorang pemain muda. Mereka hanya melihat sisi negatifnya, kami melihat sisi positif dari Messi,”

“Hal tersebut membuatnya kuat secara mental. Dia juga sering mendapat nasihat bagus dari keluarganya. Lalu hasilnya bisa Anda lihat sendiri bagaimana Messi tumbuh sebagai pemain hebat dan bukan sekedar hebat, Messi juga bisa dibilang sebagai pesepakbola yang komplit didalam maupun diluar lapangan.” tutup Carles.