Ketika Pele Berada satu Tim dengan Sylvester Stallone

Ketika Pele Berada satu Tim dengan Sylvester Stallone

Mungkin belum banyak yang tahu jika salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa asal Brazil, Pele, pernah beradu acting dengan superstar Hollywood, Sylvester Stallone. Salah satu momen bersejarah di dunia sepakbola dan Hollywood tersebut terjadi di film besutan sutradara John Huston yang berjudul Victory. Film yang rilis pada tahun 1981 tersebut bercerita tentang tahanan perang dunia kedua dari pihak Sekutu yang diberi perintah untuk membuat tim sepakbola yang akan melawan tim nasional Jerman. Film ini sendiri mengambil setting di daerah Perancis, yang saat itu merupakan daerah jajahan tentara Nazi Jerman.

Aktor utama dari film itu sendiri adalah Sylvester Stalone yang berperan sebagai Robert Hatch, tentara Amerika yang menjadi tahanan Nazi. Di tim Sekutu tersebut, Stallone memainkan posisi penjaga gawang tim Sekutu. Selain Stallone, ada pula aktor kenamaan Hollywood lainnya di film ini yaitu Michael Caine, yang berperan sebagai John Colby, manager tim Sekutu. Pele sendiri memerankan tokoh tahanan Nazi yang berasal dari Brazil bernama Luiz Fernandez. Di tim Sekutu tersebut, Pele menjadi andalan di lini depan.

Tak hanya Pele, pesepakbola professional dari Negara lain juga turut ambil bagian di film ini. Seperti bek timnas Inggris Bobby Moore yang berperan sebagai Terry Brady, gelandang legendaris Argentina Osvaldo Ardilles yang berperan sebagai Carlos Rey, hingga penyerang timnas Belgia era 70an Paul Van Himst yang berperan sebagai Minchel Fileu. Selain itu, ada pula beberapa pesepakbola yang masih aktif bermain saat itu yang juga turut ambil bagian di film ini. Kebanyakan pemain tersebut berasal dari klub Ipswich Town, seperti John Wark, Russel Osman, dan Robin Turner.

Kolaborasi antara pesepakbola kenamaan dan juga bintang-bintang Holywood membuat film Victory ini mendapat sambutan baik. Di box office, film ini mencatat keuntungan sebesar 27 juta Dollar Amerika. Keuntungan tersebut hampir tiga kali lipat dari biaya pembuatan film itu sendiri yang berjumlah 10 juta Dollar. Mempertemukan aktor kelas wahid Hollywood dengan beberapa pesepakbola Legendaris bisa dibilang cara yang ampuh untuk menarik penonton. Film yang menyuguhkan drama, pertunjukan sepakbola dan sekelumit cerita sejarah ini sangat cocok untuk ditonton di waktu senggang. Kapan lagi bisa melihat Pele beradu acting dengan Sylvester Stallone kalau bukan di film Victory ini.