Lewandowski Dituntut Menularkan Ketajaman Ke Timnas

Lewandowski Dituntut Menularkan Ketajaman Ke Timnas

Penyerang Bayern Munchen asal Polandia, Robert Lewandowski sedang berada dalam performa terbaiknya. Dalam empat pertandingan terakhirnya bersama Die Bavarian, pemain 27 tahun ini berhasil menyarangkan 12 gol. Bahkan saat melawan Wolfsburg, Lewy berhasil mencetak 5 gol hanya dalam selang waktu 9 menit. Pencapaian Lewandowski di level klub tersebut diharapkan menular di level timnas. Timnas Polandia yang dibela mantan pemain Borussia Dortmund ini, masih berada di peringkat kedua kualifikasi Piala Eropa 2016 grup D dengan torehan 17 poin.

Posisi Polandia sendiri masih sangat rawan digeser oleh Republik Irlandia yang menguntit di posisi ketiga yang sudah membukukan 15 poin. Dalam kualifikasi Piala Eropa tersebut, hanya juara dan runner up grup yang bisa langsung lolos ke babak utama. Sementara peringkat ketiga harus melewati babak play-off. Agar tak perlu bersusah payah melewati babak play off, Polandia mesti bisa menyapu bersih dua laga sisa di grup D.

Dua lawan yang harus dihadapi Lewandowski dkk. tidak mudah. Polandia harus bertandang ke markas Skotlandia terlebih dahulu, di hari Jumat (9/10/2015). Tiga hari kemudian, Polandia mesti menjamu rival terdekatnya yaitu Republik Irlandia. Pertandingan tersebut bisa menjadi pertandingan hidup dan mati bagi kedua tim. Polandia butuh dua kemenangan untuk memastikan langkahnya ke Perancis. Di pundak Lewandowski inilah harapan publik Polandia digantungkan.

Permainan gemilang Lewandowski di beberapa minggu terakhir bersama Munchen, diharapkan bisa dia tunjukkan ketika berseragam putih-merah, Polandia. Lewandowski memang menjadi tumpuan utama Polandia di babak kualifikasi Euro 2016. Hingga saat ini, penyerang yang mempunyai tinggi 185 cm ini masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak babak kualifikasi Euro 2016 dengan total 10 gol.

Jika berhasil mencetak gol di dua pertandingan sisa dan sukses membawa Polandia ke babak utama, bukan tidak mungkin Lewy mendapat bonus berlimpah. Timnas Polandia hanya selangkah lagi menuju babak utama Euro 2016. Untuk memastikan diri berada di babak utama, harapan publik Polandia berada di pundak Lewandowski. Sebagai salah satu penyerang terbaik Eropa musim ini, Lewandowski mesti bisa membuktikan kepada publik negaranya jika dirinya mampu membawa Polandia ke Perancis 2016.