Lima Penjaga Gawang Yang Pantas Diperhitungkan di Piala Dunia 2018

Lima Penjaga Gawang Yang Pantas Diperhitungkan di Piala Dunia 2018

Cornerkicks.org – Penjaga gawang terkadang menjadi salah satu sosok yang terbelakang ketika berbicara sebuah pertandingan sepakbola. Namun siapa sangka, ternyata penjaga gawang yang ada di zaman sekarang ini wajib diperhitungkan dalam memberikan kemungkinan tim memenangkan pertandingan.

Terlebih lagi ketika berbicara turnamen sebesar Piala Dunia, maka penjaga gawang yang ada pantas diperhitungkan kelayakannya untuk mengawal barisan gawang tim nasional agar tidak kemasukan gol. Contoh besar yang sudah terjadi sebelumnya adalah Iker Casillas bersama timnas Spanyol, Gianluigi Buffon bersama Timnas Italia dan yang terbaru, Manuel Neuer bersama Timnas Jerman.

Menjadi sosok terakhir dalam menjaga garis pertahanan tim, penjaga gawang sering kali harus menutupi kesalahan yang dibuat oleh para pemain bertahan. Bahkan yang lebih buruknya lagi, sosok penjaga gawang sering kali menjadi kambing hitam dalam kegagalan tim meraih kemenangan.

Dan jelang Piala Dunia Rusia 2018 nanti, maka wajib bagi Anda memprediksikan penjaga gawang mana saja yang akan bersinar. Bisa dipastikan dari sekian banyak penjaga gawang yang ada, mereka pastinya ingin membuktikan diri sebagai yang terbaik dibawah mistar.

Berikut cornerkicks berikan empat sosok penjaga gawang yang wajib diperhitungkan di Piala Dunia 2018 pada tanggal 14 Juni hingga 15 Juli mendatang.

1. Jordan Pickford (Inggris)

Jordan Pickford Piala Dunia

Berbicara tentang tim nasional Inggris, maka sebagian orang pasti akan mengira sosok Joe Hart akan kembali mengawal barisan akhir mistar gawang Three Lions di Piala Dunia 2018. Namun semua menjadi dilema ketika penampilan kiper kawakan tersebut mengalami penurunan performa di West Ham United.

Lantas sosok Jordan Pickford tampaknya akan menjadi pilihan yang baik sebagai kiper Inggris di Rusia. Kemunculan nama Pickford tak lepas dari penampilan apiknya di Sunderland. Hal inilah yang menjadi dasar bagi Everton berani mengeluarkan dana sebesar 30 juta pounds untuknya dan menjadi rekor untuk kiper Inggris.

Catatan terbaiknya adalah membuat 92 penyelamatan musim ini dan mengemas tujuh clean sheet dalam prosesnya. Meski belum cukup berpengalaman di kancah internasional, namun penampilan apiknya bersama Everton sudah pantas menjadikan Pickford sebagai kiper utama Inggris di Piala Dunia.

Bila Pickford resmi mengawal gawang mistar Inggris, maka dirinya akan menjadi penjaga gawang termuda dalam turnamen Piala Dunia 2018 dan siap memberikan keyakinan pada pelatih Inggris, Gareth Southgate. Adapun usia Pickford adalah 24 tahun.

2. Ederson (Brasil)

Kiper Terbaik Brasil 2018

Josep Guardiola menjadi contoh bagus untuk para pelatih agar bisa memberikan kesempatan kepada kiper muda tampil di level yang lebih besar. Banyak yang heran ketika Manchester City berani mengeluarkan 35 juta pounds untuk mantan pemain Benfica tersebut.

Akan tetapi semua keraguan tersebut berhasil dijawab oleh Ederson dengan menjadi salah satu pemain yang paling menonjol di putaran Premier League Inggris musim ini. Catatan terbaiknya adalah menjadi salah satu kiper terbaik musim ini dengan kebobolan paling sedikit di liga sejauh ini.

Sejauh ini, Ederson baru kemasukan 21 gol dan namanya terpilih dalam skuat debutan terbaik Liga Champions musim lalu. Dengan kepasitasnya sebagai kiper utama Manchester City, Ederson layak menjadi kiper andalan Brasil di Piala Dunia Rusia 2018.

Satu yang wajib diperhitungkan Ederson adalah lawan beratnya dari kiper AS Roma, Alisson yang merupakan pesaing utama Ederson untuk menjadi kiper utama Brasil di Rusia nanti. Akan tetapi, respon publik lebih banyak mengharapkan Ederson menjadi starter Brasil disetiap pertandingan.

3. Marc-Andre Ter Stegen (Jerman)

Kiper Terbaik Jerman 2018

Jerman yang tengah dilanda rasa kepercayaan diri yang tinggi terpaksa harus mengurangi sikap tersebut, pasalnya salah satu pemain andalan mereka macam Manuel Neuer masih terkendala cedera. Namun kondisi tersebut tak harus dipusingkan terlalu dalam oleh mereka, pasalnya Jerman tak kehabisan stok bila berbicara sosok penjaga gawang.

Bila melihat Neur yang sekarang, maka sosok kiper utama Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen akan memainkan peran kunci di Piala Dunia Rusia 2018. Ter Stegen sedang dalam performa yang bagus setelah membuat 18 clean sheet musim ini hanya dalam 29 pertandingan La Liga.

Penampilan Ter Stegen bersama Barca terbilang sangat krusial, terbukti dirinya sukses memberikan kedudukan klasemen puncak sementara kepada Barca. Kiper terbaik Bundesliga 2012 ini adalah pilihan utama yang pasti bagi Jerman karena cedera yang dialami Neuer.

Ter Stegen, 25 tahun berada pada jalur yang tepat dengan menjadikan Barca juara La Liga musim ini. Dia harus menunjukkan yang terbaik jika Joachim Loew memainkannya di Rusia 2018.

4. Thibaut Courtois (Belgia)

Kiper Terbaik Belgia 2018

Thibaut Courtois berada dalam jalur terbaiknya, meski Chelsea gagal di Liga Champions dan kesulitan masuk ke zona empat besar klasemen Premier League Inggris. Namun sosok satu ini masih pantas mengawal gawang timnas Belgia yang akan berjuang di Piala Dunia 2018 nanti.

Bertubuh tinggi besar, Courtois cukup memberikan tekanan terhadap situasi satu lawan satu. Jika melihat kondisi ini, maka Courtois memiliki penempatan posisi yang bagus dan merupakan salah satu kiper terbaik Premier League Inggris dalam beberapa musim terakhir.

Catatan terbaiknya adalah meraih gelar sebagai Golden Glove musim lalu. Dengan dukungan para pemain bintang, maka Courtois menjadi pelengkap yang sempurna dalam mensukseskan target Belgia menjadi juara Piala Dunia 2018.

5. David De Gea (Spanyol)

Kiper Terbaik Spanyol 2018

David De Gea cukup menambah keyakinan para publik untuk menjadikan Spanyol sebagai kandidat terdepan juara Piala Dunia 2018. Sejauh ini, kiper andalan Manchester United tersebut selalu mendapat julukan sebagai kiper terbaik dunia dalam beberapa musim terakhir.

Sejauh ini, De Gea masih memimpin dalam perburuan gelar Golden Glove musim ini setelah mengemas 15 clean sheet sejauh ini. Catatan terbaik sang kiper adalah meraih tiga gelar Matt Busby dan empat kali menjadi kiper terbaik.

Kini Spanyol tak perlu lagi khawatir dengan kekurangan rabuh jauh yang dimiliki De Gea, semua itu terasa hilang dari muka bumi lewat penyelamatan-penyelamatan gemilangnya bersama Setan Merah dan timnas Spanyol dibeberapa laga uji coba internasional.

Bersama Brasil, Argentina, Jerman, Belgia dan Prancis, Spanyol masih termasuk dalam negara terfavorit juara Piala Dunia 2018.