Liverpool dan Spurs Selamatkan Muka Inggris

Liverpool dan Spurs Selamatkan Muka Inggris

Musim ini, penampilan wakil Inggris di kompetisi Eropa cukup memprihatinkan. Di ajang liga Champions Eropa, hanya Manchester City yang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar. Arsenal, Manchester United dan Chelsea terancam gagal dan terlempar dari liga Champions. Untungnya, nasib serupa tak dialami wakil Inggris di kompetisi Eropa lainnya, Europa League. Dua wakil Inggris di Europa League, Liverpool dan Tottenham Hotspurs telah memastikan diri lolos ke babak berikutnya setelah sama-sama meraih kemenangan di matchday kelima Europa League.

Liverpool yang menjamu wakil Perancis Bordeaux, sukses mengamankan 3 poin. Bermain di hadapan publiknya sendiri, pelatih Liverpool, Juergen Klopp menurunkan kekuatan penuh. Lini depan dipercayakan kepada penyerang Belgia, Cristian Benteke. Pendukung The Reds sempat terdiam setelah Bordeaux membuka skor di menit ke-33 lewat lesakkan Henri Saviet yang memanfaatkan umpan Jaroslav Plasil. Gol tersebut sontak membuat The Reds makin bernafsu menyerang.

Hasilnya pun tak sia-sia, Liverpool dihadiahi tendangan penalti setelah Ludovic Sane menjatuhkan pemain Liverpool di kotak terlarang. James Milner yang dipercaya menjadi algojo sukses menyamakan kedudukan. Liverpool berbalik unggul di menit ke-41 lewat gol yang dicetak oleh Cristian Benteke. Skor 2-1 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Hasil tersebut membuat Liverpol menjadi pemuncak semnetara grup B dengan torehan 9 poin. Sementara itu, hasil positif juga didapat oleh wakil Inggris lain yaitu Tottenham Hotspurs.

Bertamu ke kandang wakil Azerbaijan, Qarabaq. Laga berjalan cukup alot karena tuan rumah sangat bernafsu untuk meraih kemenangan di hadapan pendukungnya sendiri. Hingga turun minum, skor masih imbang tanpa gol. Kematangan dan kesabaran Tottenham Hotspurs membuahkan hasil di menit-menit penghujung laga. Adalah Harry Kane yang memecah kebuntuan lewat gol yang dicetaknya di menit ke-78 memanfaatkan umpan pemain Korea Selatan Son Heung Min. Skor 1-0 untuk keunggulan Spurs bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan tipis tersebut memperkokoh posisi Tottenham di puncak grup J liga eropa 2015-2016 dengan total raihan 10 poin. Raihan poin 10 tersebut memastikan satu tiket babak 32 besar diraih oleh anak asuhan Mauricio Pochettino. Bisa dibilang, Spurs dan juga Liverpool berhasil menyelamatkan muka Inggris di ajang Europa League tahun ini.