Manchester United Puncaki Daftar Klub Paling Berharga Versi Forbes 2017

Manchester United semakin terbang tinggi di dunia komersil, setidaknya dalam sisi tabungan. Peningkatan signifikan ini bahkan lebih baik dari dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona.

Berdasarkan riset dari Forbes, Setan Merah dipastikan sebagai klub sepakbola paling berharga saat ini. Klub besar Premier League Inggris tersebut mampu unggul jauh dari Baca dan EL Real.

Akan tetapi yang lebih pastinya bahwa klub paling berharga di dunia bukanlah dibidang sepakbola, melainkan dari klub bola basket bernama Dallas Cowboys (NFL) dan New York Yankees (MLB) masih menduduki peringkat pertama dan kedua sebagai klub paling berharga.

Dan Manchester United untuk hal ini berada diperingkat ketiga secara keseluruhan, namun mereka tetap saja menjadi yang pertama jika dilihat dari sisi klub sepakbola. Adapun riset Forbes baru saja merangkumkan 50 klub olahraga paling berharga saat ini. Dari 50 klub itu, cabang sepakbola hanya mengirim tujuh perwakilan saja.

Manchester United masih tetap mewakili Inggris sebagai pemuncak klasemen, diurutan kedua dan ketiga ada Barca Madrid. Lalu diposisi empat besar ada nama klub wakil Jerman, Bayern Munchen dan selanjutnya diisi oleh klub kaya baru dari Liga Primer macam Manchester City, Arsenal dan Chelsea.

Berikut urutan pasti yang berhasil kami dapatkan dari pihak Forbes sebagai bahan perbandingan antar klub Eropa bahkan dunia yang semakin berkembang setiap musimnya:

Manchester United: 3,69 miliar US dollar
Barcelona: 3,64 miliar US dollar
Real Madrid: 3,59 miliar US dollar
Bayern Munchen: 2,71 miliar US dollar
Manchester City: 2,083 miliar US dollar
Arsenal: 1,93 miliar US dollar
Chelsea: 1,845 miliar US dollar

Jika melihat rancangan versi Forbes, maka bisa disimpulkan persaingan akan terus berlanjut. Dan bursa transfer musim panas kali ini setidaknya akan merubah pendapatan dari berbagai masing klub dan jika dilihat Barcelona berpeluang besar menggeser Manchester United diperingkat pertama karena mereka sukses memperpanjang kontrak Lionel Messi yang bisa jadi akan menarik minat baru dari investor dunia.