Mantan Pemain Chelsea dan Persib Jatuh Miskin

Pesepakbola Bangkrut

Mantan pemain Chelsea era 90an, Carlton Cole, harus menerima kenyataan usai pengadilan tinggi London memberikan kepastian bahwa semua asetnya bangkrut. Dengan kata lain, Cole dianggap jatuh miskin karena sudah tidak ada lagi aset bergerak yang dimilikinya.

Merujuk pada masa kejayaannya, Cole adalah seorang pesepakbola profesional yang cukup dikenal dunia. Catatan karirnya pun memberikan kejutan bahwa Cole pernah bermain diberbagai klub besar Premier League Inggris.

Klub yang pernah dia perkuat adalah Chelsea, Aston Villa dan West Ham. Menunjukan penampilan yang luar biasa di setiap klub, Cole pun mendapat panggilan memperkuat Timnas Three Lions dalam kurun waktu 2009 hingga 2010.

Upah bermain Cole di berbagai klub pun tergolong cukup tinggi, pada zamannya dia mendapat bayaran sebesar 30 ribu pounds per pekan. Namun sayang, dirinya tidak bisa mengelola manajemen keuangannya dan sampai-sampai harus bergulat dengan banyak hutang.

Melalui manajemen resminya, agen Cole menyatakan rasa penyesalan yang luar biasa karena kliennya harus berjuang hingga titik darah penghabisan untuk bisa melunasi semua hutang-hutangnya. Namun apadalah daya, Cole sudah diyatakan bangkrut oleh pengadilan London, Inggris.

“Carlton Cole saat ini bekerja membimbing anak-anak muda dan pemain sepakbola tentang perangkap kehidupan dan uang. Disini dia akan menjelaskan semua hal lebih rinci dalam beberapa pekan mendatang tentang saran yang berkontribusi pada situasi ini dan orang-orang yang ada di sekitarnya yang memiliki efek negatif pada karier dan keuangannya,” cetus Cole.

“Saya harap cerita saya akan membantu para pemain muda untuk bertanggung jawab atas siapa yang mereka dengarkan dan siapa yang mereka mintai saran. Pengalaman ini merupakan kisah saya yang sayangnya saya tidak bisa mengendalikan dan sangat terlambat bagi saya untuk membalikkan keadaan.” tutup Cole dengan rasa sedih.

Karir Cole di Indonesia

Biodata Carlton Cole Persib

Siapa sangka jika pemain sekelas dunia mau menjajal sepakbola Indonesia, dan Cole adalah sosok yang pernah berkarir di Liga 1 Indonesia. Musim 2017 adalah musim dimana Cole secara resmi bergabung bersama Persib Bandung.

Meski demikian, karir Cole di Persib tidak berjalan panjang, dan sampai akhirnya dilepas pada pertengahan musim 2017. Dari Indonesia, Cole melangkah ke ajang trial AFC Wimbledon pada awal tahun 2018, namun sayang, masa itu dirinya tidak diberikan kontrak bermain. Sampai pada akhirnya, Cole di usia genap 34 tahun memutuskan untuk pensiun pada 29 Maret 2018.