Melihat Klub-klub Tersukses dari Turki

Melihat Klub-klub Tersukses dari Turki

Dalam kancah sepakbola Eropa, Turki memang menjadi salah satu tim kuda hitam. Kiprahnya di kompetisi Eropa dan dunia memang patut diacungi jempol. Prestasi terbesar Negara ini terjadi ketika berhasil menjadi peringkat ketiga di Piala Dunia 2002 Korea-Jepang. Prestasi yang tak bisa diulangi hingga kini. Salah satu kekuatan sepakbola Turki terletak pada kompetisi domestik mereka. Liga Super Turki merupakan kompetisi domestik tertinggi di Negara tersebut.

Liga Super Turki sendiri bukan lagi sekedar liga kelas dua di Eropa, karena mulai banyak bintang-bintang dunia macam Wesley Sneijder, Robin Van Persie dan pemain top lainnya yang ada di liga ini. Di liga Turki sendiri ada beberapa klub yang secara tradisional merupakan klub tersukses sepanjang sejarah Turki. Tak hanya sukses di kompetisi domestik, beberapa klub Turki tersebut juga pernah berprestasi di level Eropa. Berikut ini deretan klub tersukses Turki sepanjang masa.

1. Galatasaray
Klub yang satu ini adalah klub tersukses di Turki dengan raihan 19 gelar liga Turki. Selain itu, klub yang diperkuat oleh bintang Belanda Wesley Sneijder ini pernah memenangi kompetisi Eropa yaitu UEFA Cup di tahun 2000. Sementara, prestasi tertinggi Galatasaray di tingkat liga Champions adalah semi final di tahun 1989.

2. Besiktas
Besiktas merupakan klub Turki lain yang paling sukses dalam raihan trofi domestik. Hingga kini, Besiktas telah mengkoleksi 13 gelar juara liga Super Turki dan 9 trofi Piala Turki. Untuk kompetisi Eropa, prestasi terbaik Besiktas adalah menembus perempat final Liga Champions di tahun 1987.

3. Fenerbache
Fenerbache, Galatasaray dan Besiktas merupakan tiga tim terkuat di Turki yang memiliki rivalitas segitiga. Fenerbache sendiri adalah pengkoleksi 17 gelar liga Turki dan 4 trofi piala Turki. Klub yang sekarang dibela kapten Belanda, Robin Van Persie ini belum mempunyai prestasi menonjol di kancah Eropa. Prestasi terbaiknya di kancah Eropa adalah menembus perempat final liga Champions tahun 2008 lalu.

Demikian tadi 3 klub tersukses dari Turki. Masa depan persepakbolaan Turki memang sangat cerah. Kombinasi antara pembinaan usia muda yang bagus dan liga yang kompetitif menjadi senjata utama Turki untuk merengkuh kesuksesan di Eropa dan dunia.