Pencapaian Sempurna Timnas Belgia

Pencapaian Sempurna Timnas Belgia

Belgia mengukir rekor manis di bulan Oktober ini. Selain memastikan diri sebagai juara grup B kualifikasi Piala Eropa lewat kemenangan atas Israel, anak asuhan Marc Wilmots tersebut juga berhasil naik ke peringkat pertama ranking FIFA. Kemenangan atas Israel tersebut, membuat Belgia berhasil menggeser Argentina dan Jerman secara berurutan di ranking FIFA bulan Oktober. Pencapaian ini patut dirayakan seluruh punggawa timnas Belgia serta publik sepakbola Belgia.

Karena, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Belgia berhasil menempati urutan pertama ranking FIFA. Sebelumnya, prestasi terbaik Belgia adalah menempati ranking kedua. Usai peluit akhir dibunyikan dalam laga melawan Israel, para punggawa Belgia merayakan keberhasilan lolos ke babak utama Euro 2016 dan menempati ranking pertama FIFA bersama para suporter yang ada di stadion. Kapten tim, Vincent Kompany, memimpin rekan-rekannya dalam perayaan tersebut.

Skuad Belgia saat ini disebut-sebut sebagai generasi emas timnas Belgia. Kualitas pemain di semua lini sangat merata. Perbedaan antara pemain inti dan cadangan sangat tipis. Selain itu, pemain-pemain timnas Belgia saat ini sebagian besar menjadi pemain inti dari klub-klub besar Eropa. Dari jajaran penjaga gawang, Belgia memiliki deretan penjaga gawang berkualitas seperti kiper nomor satu Chelsea, Thibaut Courtois. Cadangannya pun tidak main-main yaitu Simon Mignolet, yang merupakan penjaga gawang Liverpool.

Di barisan pertahanan, ada kapten tim yang bermain untuk raksasa Premier League, Manchester City, siapa lagi kalau bukan Vincent Kompany. Kompany ditopang oleh bek-bek andal lain seperti duo Spurs Toby Alderweid dan Jan Vertoghen. Belum lagi deretan pemain muda Belgia seperti Jordan Lukaku dan Dedtyk Boyata.
Sementara itu, lini tengah Belgia bisa dibilang bertabur bintang. Ada 6-8 pemain bintang yang berebut untuk mengisi pos inti skuad Belgia. Nama-nama tersebut diantaranya; Eden Hazard, Naser Chadli, Kevin Mirallas, Alex Witsel, Maroune Fellaini, Kevin De Bruyne, Radja Nainggolan, Adnan Januzaj dan juga Radja Nainggolan.

Jangan remehkan pula lini depan Belgia, nama-nama seperti Romelu Lukaku, Dres Mertens, Divock Origi dan juga Laurent Depoitre menjadi andalan Wilmots sebagai juru gedor untuk merobek jala gawang lawan. Keberhasilan Belgia menembus ranking pertama FIFA memang layak mendapat apresiasi. Meskipun tidak meraih gelar bergengsi dalam satu dekade terakhir, timnas Belgia berhasil menjelma sebagai skuad bertabur bintang yang sulit dikalahkan. Tak heran jika Belgia diprediksi menjadi salah satu kandidat juara Euro 2016 tahun depan.