Prediksi Formasi Baru Juventus Dengan CR7

Bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, akhirnya resmi berseragam Juventus usai memutuskan karir cemerlangnya bersama Real Madrid. Dengan nilai transfer mencapai 100 juta euro, CR7 siap merasakan ketatnya persaingan Serie A Italia musim 2018/19 mendatang.

Jika merujuk pada besarnya transfer tersebut, maka nilainya cukup besar mengingat usia Ronaldo sekarang sudah mencapai 34 tahun. Akan tetapi, nominal itu tidak masuk ke dalam kategori pemain hebat seperti Ronaldo. Untuk pemain sekelas pemenang lima Ballon d’Or, nilai transfer semahal itu sangatlah wajar.

Bermaterikan pemain-pemain bintang kelas dunia, dan ditambah kedatangan Ronaldo, maka peta kekuatan Juventus akan semakin meningkat drastis. Menariknya disini ketika kedatangan Ronaldo menjadi sebuah teka-teki yang sulit, perihal bagaimana Massimiliano Allegri akan menempatkan posisi bermain Ronaldo.

Melihat apa yang ada sekarang, mungkin jawabannya sangat sederhana dan pastinya Allegri akan dengan mudah meracik berbagai strategi baru untuk tim baku Juventus. Ronaldo adalah seorang penyerang, dan Juventus adalah tim yang dipenuhi oleh pemain-pemain depan.

Dengan kata lain, Allegri akan sangat senang meracik formasi Juventus untuk setiap pertandingan karena formasi itu akan sangat sulit untuk ditebak oleh lawan.

Penyerang Tunggal

Formasi Juventus

Merapatnya Ronaldo bisa saja mengakhiri masa depan ujung tombak Juventus sebelumnya macam Gonzalo Higuain. Dengan kedatangan sang pemain asal Portugal tersebut, diklaim Higuain siap mendengarkan penawaran Chelsea dibursa transfer musim panas ini.

Datangnya Ronaldo bisa saja memberikan formasi baru kepada Allegri, dimana prediksi baru itu memunculkan format 4-3-2-1. Dengan dukungan dua winger kreatif, macam Paulo Dybala dan Douglas Costa, bisa jadi Ronaldo tidak akan kekurangan bola-bola terobosan matang.

Dengan presure cepat, maka bisa jadi duet yang sangat mematikan bagi tim-tim lawan. Untuk mendukung format ini, posisi gelandang akan dijalankan oleh Blaise Matuidi, Miralem Pjanic dan rekrutan baru Emre Can.

Sisi Lain

Formasi Juventus

Ketika Higuan tetap dipertahankan, maka kekuatan lini depan Juve akan tetap menakutkan. Skema ini sangat diminati oleh Ronaldo dalam era tiga atau empat tahun lalu, sebelum dirinya menerima tugas sebagai nomor punggung 9.

Higuain yang berdiri bebas sebagai penyerang tunggal akan didukung oleh Ronaldo di sisi kiri, Costa dikanan, dan Dybala di kiri. Tak menutup kemungkinan Ronaldo juga bisa kembali pada posisi ujung tombak sebagaimana posisi kiri bisa ditutupi oleh Mario Mandzukic atau Federico Bernardeschi.

Duet Penyerang

Juventus juga bisa menggunakan dua penyerang depan, dengan duet Ronaldo dan Huguain. Hal ini mengartikan kembalinya dua pasangan subur Real Madrid pada musim 2009 lalu. Sedangkan Dybala akan berada di zona pemain nomor 10 dibelakang dua penyerang.

Untuk opsi lain adalah duet antara Ronaldo-Dybala dan Ronaldo-Mandzukic. Ketika menggunakan skema ini, Juve akan bisa memakai formasi tiga bek dengan mengandalkan gelandang sentra Miralem Pjanic dan Matuidi.