Profil Timnas Senegal di Piala Dunia 2018

Profil Timnas Senegal di Piala Dunia 2018

Nama Lengkap Tim: Senegal
Asosiasi Sepakbola: Federation Senegalaise de Football
Tahun Berdiri: 1960
Afiliasi FIFA: 1964
Julukan: The Lions of Teranga

Piala Dunia 2018 di Rusia adalah momen dimana Senegal untuk kedua kalinya merasakan pargelaran terbesar internasional tersebut. Mereka jadi tim ketiga dari zona CAF yang meraih jatah tiket menuju Rusia setelah sebelumnya Mesir dan Nigeria sudah lebih dulu memastikan diri.

Bisa dikatakan jika sosok Senegal disini bukanlah tim besar di Afrika. Akan tetapi, semua mulai berubah ketika masuk di tahun 1990, dimana Senegal secara perlahan merubah gaya bermain menjadi lebih kompetitif.

Senegal sukses berbicara panjang di ajang Piala Afrika. Senegal mampu menembus babak perempat final beberapa kali. Pencapaian terbaiknya saat ini adalah menjadi runner-up di tahun 2002, tahun yang sama saat mereka lolos ke Piala Dunia.

Terlepas dari peningkatan yang ada, patut dihargai perjuangan Senegal hingga ke putaran final Piala Dunia 2018. Bagaimana perjalanan mereka hingga ke Rusia 2018, berikut ulasan selengkapnya dibawah ini.

Senegal lolos ke Piala Dunia dengan hasil yang sangat baik. Mereka keluar sebagai juara grup D kualifikasi Piala Dunia zona CAF. Di grup tersebut, Senegal tergabung bersama dengan Burkina Faso, Cape Verde dan Afrika Selatan. Lolosnya mereka berkat hasil enam kali pertandingan tanpa kekalahan.

Meski hasil yang ada sempat terasa sangat puas, namun Senegal harus kembali fokus lantaran mereka sempat kalah dari Afrika Selatan dengan skor 2-1 pada laga tanggal 8 Oktober 2016. Beruntung bagi Senegal, dimana wasit pertandingan saat ini dinyatakan bersalah karena kasus pengaturan skor.

Sejarah Senegal

Hasilnya pertandingan itu harus diulang kembali, dan di partai ulangan pada November 2017 itu, Senegal menang 2-0. Berikut data lengkap hasil pertandingan Senegal di Grup D zona CAF.

13/11/2015 Madagascar 2-2 Senegal (Putaran Kedua)
17/11/2015 Senegal 3-0 Madagascar (Putaran Kedua)
08/10/2016 Senegal 2-0 Cape Verde (Putaran Ketiga Grup D)
12/10/2016 Afrika Selatan 0-2 Senegal (Putaran Ketiga Grup D)
02/11/2017 Senegal 0-0 Burkina Faso (Putaran Ketiga Grup D)
05/11/2017 Burkina Faso 2-2 Senegal (Putaran Ketiga Grup D)
07/10/2017 Cape Verde 0-2 Senegal (Putaran Ketiga Grup D)
14/10/2017 Senegal 2-1 Afrika Selatan (Putaran Ketiga Grup D)

Lolosnya Senegal ke Rusia 2018 tak lepas dari beberapa pemain bintangnya, dan salah satu yang paling menonjol adalah bintang yang saat ini bermain di Liverpool, Sadio Mane.

Bintang Senegal

Untuk sekarang ini, Mane berstatus sebagai pemain terbaik benua Afrika. Sebelum ini terjadi, Mane juga sempat menjadi pemain termahal afrika setelah dibeli oleh Liverpool dari Southampton dengan mahar 34 juta pounds.

Bermain sebagai seorang winger, Mane didukung dengan kecepatan lari di atas rata-rata. Kekuatan fisik dan insting golnya pun juga bagus, maka sangatlah wajar jika Mane dibebankan dengan tanggung jawab besar untuk bisa memberikan hasil terbaik di penyisihan grup Piala Dunia nanti.

Tak hanya dari segi pemain bintang, Senegal juga patut memberikan respek kepada hasil kerja pelatih Aliou Cisse. Dirinya merupakan sosok pelatih yang luar biasa dan sangat baik dalam membaca taktik tim lawan.

Pelatih Senegal 2018

Cisse sendiri merupakan warga asli Senegal. Sosok satu ini juga sempat menjadi bagian Senegal di ajang Piala Dunia 2002 silam. Bahkan dirinya adalah seorang kapten yang membawa timnya melaju hingga ke babak perempat final.

Tergolong sebagai pelatih baru, Cisse terbilang cukup bagus dengan menjabat sebagai pelatih di tahun 2015. Pencapaian terbaiknya saat ini adalah mengantarkan Senegal lolos dari grup D babak kualifikasi zona CAF tanpa tersentuh kekalahan.

Kini Cisse tengah sibuk dalam persiapan diri menghasilkan skuad pemain yang berkualitas. Sampai sejauh ini, sudah ada beberapa nama pemain yang akan masuk sebagai skuad Senegal di Piala Dunia 2018.

Penjaga Gawang: Khadim N’Diaye, Abdoulaye Diallo, Pape Seydou N’Diaye.

Bek: Lamine Gassama, Pape Souare, Kalidou Koulibaly, Salif Sane, Papy Djilobodji, Moussa Wague, Armand Traore, Fallou Diagne, Kara Mbodji.

Gelandang: Idrissa Gueye, Cheikhou Kouyate, Henri Saivet, Cheikh N’Doye, Alfred N’Diaye, Badou Ndiaye.

Penyerang: Sadio Mane, Moussa Sow, Mame Biram Diouf, Keita Balde, Moussa Konate, Diafra Sakho.

Ketika semua sudah sempurna, selanjutnya tinggal mempersiapkan diri dalam tiga pertandingan pamungkas di zona Grup H Piala Dunia, dimana Senegal bergabung bersama Polandia, Jepang, dan Kolombia. Berikut jadwal pertandingan Senegal di Piala Dunia Rusia 2018:

[19/06/2018] Polandia vs Senegal
[24/06/2018] Jepang vs Senegal
[28/06/2018] Senegal vs Kolombia