Real Madrid Tetap Menjadi Klub Terkaya Di Planet Ini

Kemegawah klub asal Spanyol, Real Madrid terus menjulang tinggi. Terbukti sampai saat ini klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut sukses mempertahankan posisi mereka sebagai klub terkaya di dunia. Pengakuan ini berdasarkan dari edisi Forbes tahun 2016, penetapan ini sekaligus menjadikan yang ketiga secara beruntun dalam beberapa tahun terakhirnya.

Dengan relisnya versi Forbes ini, terdapat besaran kekayaan Real Madrid yang mencapai 2,52 milliar poundsterling dan meraih pendapatan sebesar 480 juta poundsterling per tahun. EL Real unggul tipis dari dua tim dibawahnya seperti Barcelona dan Manchester United yang beradai diperingkat dua dan tiga.

Rival abadi Real Madrid, Barelona memiliki kekayaan sebesar 2,46 milliar poundsterling, sedangkan Red Devils tertinggal tipis dengan nilai 2,3 milliar poundsterling. Adapun nilai ini masih akan bisa berubah, mengingat musim baru akan segera tiba dan keuntungan pastinya akan didapat oleh ketiga tim ini.

Di dalam daftar Forbes ini, klub papan atas Liga Primer Inggris mendominasi posisi sepuluh besar. Klub-klub itu adalah Arsenal, Manchester City, Chelsea, Liverpool dan Tottenham Hotspur. Di lain sisi, wakil Italia hanya ada satu yakni klub kuda hitam Juventus dengan berbagai gelar dan Stadion sendiri yang merupakan pendapatan nyata mereka di musim ini.

Berikut kami hadirkan daftar lengkap tim-tim elite Eropa yang menduduki posisi sepuluh besar klub terkaya di dunia tahun 2016.

1. Real Madrid (2,52 milliar poundsterling)
2. Barcelona (2,46 milliar poundsterling)
3. Manchester United (2,30 milliar poundsterling)
4. Bayern Munchen (1,85 milliar poundsterling)
5. Arsenal (1,40 milliar poundsterling)
6. Manchester City (1,33 milliar poundsterling)
7. Chelsea (1,115 milliar poundsterling)
8. Liverpool (1,07 milliar poundsterling)
9. Juventus (900 juta poundsterling)
10. Tottenham Hotspur (704 juta poundsterling)

Kabar lebih lanjut menyebutkan jika urutan 11 sampai 20 masih duhuni dari klub-klub papan tengah Inggris, Italia, Jerman dan juga Spanyol. Untuk luar Eropa masih belum bisa masuk dalam urutan sepuluh besar atau pun level 20an.