Republik Irlandia Kejutkan Bosnia Herzegovina

3. Republik Irlandia Kejutkan Bosnia Herzegovina

Pertarungan untuk memperebutkan 4 tiket sisa Euro 2016 telah dimulai. Setelah dibuka dengan pertandingan antara Norwegia melawan Hungaria, semalam dilangsungkan pertandingan play off lainnya antara tuan rumah Bosnia Herzegovina melawan tamunya Republik Irlandia. Pada pertandingan yang diselimuti oleh kabut tebal tersebut, Republik Irlandia berhasil menahan seri tuan rumah dengan skor 1-1.  Hasil tersebut tentu sangat menguntungkan bagi kubu Irlandia. Pasalnya, 3 hari berselang Republik Irlandia giliran menjadi tuan rumah. Irlandia hanya perlu tak kebobolan untuk bisa lolos ke Perancis 2016 nanti.

Kabut yang menyelimuti stadion yang menjadi tempat pertandingan membuat jalannya laga sedikit terganggu. Penglihatan para pemain sangat terbatas akibat kabut tersebut. Tuan rumah sendiri lewat bintang-bintangnya seperti Edin Dzeko, Miralem Pjanic dan Asmir Begovic lebih menguasai jalannya pertandingan. Tak ada banyak peluang yang tercipta di babak pertama. Kabut tebal memang menjadi salah satu penyebab minimnya peluang di laga play off tersebut. Skor kacamata bertahan hingga wasit meniup peluit tanda setengah babak telah berakhir.

Di babak kedua, dominasi permainan masih dipegang oleh tuan rumah. Serangan yang diarsiteki oleh Miralem Pjanic dan Senad Lulic cukup merepotkan barisan pertahanan Republik Irlandia. Namun, penampilan impresif kiper Irlandia, Darren Randloph membuat gawang Republik Irlandia tetap aman. Irlandia mengejutkan publik Bosnia lewat gol yang dicetak Robert Brady di menit ke-81. Serangan balik yang tersusun secara rapi tersebut berhasil menahlukkan gawang yang dijaga oleh Asmir Begovic. Berkat gol tersebut, tim tamu sementara unggul 1-0.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Bosnia Herzegovina pun akhirnya tercipta di menit ke-85 lewat kaki penyerang AS Roma, Edin Dzeko. Tendangan mantan pemain Manchester City dari dalam kotak penalti tersebut gagal dibendung oleh Darren Rudolph. Skor kembali imbang, 1-1. Bosnia terus berupaya menyerang, sedangkan Republik Irlandia sekuat tenaga bertahan dari gempuran para pemain Irlandia. Wasit akhirnya meniup peluit akhir pertandingan dan skor imbang 1-1 tetap bertahan.

Hasil ini membuat posisi Republik Irlandia sedikit di atas angin. Irlandia hanya perlu menjaga gawangnya untuk tidak kebobolan agar bisa lolos. Sedangkan Bosnia Herzegovina harus meraih kemenangan atau paling tidak seri dengan skor di atas 1 gol untuk bisa lolos langsung ke Euro 2016 Perancis.