‘Selamat Hari Jadi Juventus Stadium’

Tepat pada tanggal 6 September 2011 menjadi sejarah baru bagi klub besar Italia, Juventus. Tanggal itu dikenal sebagai kebangkitan Juventus dari masa-masa sulit mereka dikancah Serie A Italia.

Juventus baru saja merayakan hari jadi peresmian stadion baru mereka ‘Juventus Stadium’. Semenjak pembangunan Stadion baru ini, Juventus pun seolah tidak kehabisan bahan bakar. Gelar domestik serta ajang lain berhasil mereka bawa pulang dalam kurun lima dekade terakhir.

Stadion Juventus sendiri dibangun dalam area yang sebelumnya ditempati Delle Alpi, stadion yang dipakai oleh Juventus selama bertahun-tahun. Juventus Stadium menjadi stadion modern pertama yang dibangun dan dimiliki oleh klub di Italia.

Juventus Stadium

Hasil nya pun luar biasa, stadion Juventus ternyata bisa mendatangkan sukses besar bagi klub. Secara total, stadion Juventus ini sudah mendatangkan lima juta penonton, memecahkan rekor tiket terusan dan juga menghadirkan 13 ribu turis yang menjalani tur di stadion tersebut.

Berkapasitas 41.407 penonton ini sudah mencatatkan 100 kemenangan dalam 129 pertandingan bagi Juventus dalam lima tahun terakhir. Tiket pertandingan juga sangat laris, mencatatkan rekor 80% sold out setiap pertandingan yang Juventus mainkan di berbagai kompetisi.

Kini Juventus menjadi salah satu klub tersukses di Italia dengan catatan fantastis di domestik maupun Eropa. Pencapaian mereka di Liga Eropa menjadikan titik awal kebangkitan sepakbola Italia, disebutkan klub lain macam AC Milan, Inter Milan dan AS Roma berencana mengkuti jejak Juventus dengan mencoba membangun stadion sendiri.

Sebagai catatan, sebagian besar klub yang berlaga di pentas Italia Serie A masih menggunakan stadion sewaan. Dimana keuntungan jelas menjadi pihak ketiga sebagai penyedia, maka pembangunan stadion sendiri menjadi prospek masa depan yang bagus dalam kemajuan klub itu sendiri.