Tanpa Ronaldo, Portugal Bagaikan Air Yang Tenang

Bertindak sebagai pelatih timnas Portugal, Fernando Santos pastinya tidak ingin membuat ribuan publik negara tersebut kecewa. Lantas jalan apakah yang akan dia lakukan agar Portugal bisa berbicara banyak di putaran final Euro 2016 nanti.

Menjadi pusat perhatian dunia, Portugal masuk sebagai tim kuda hitam dan banyak yang beranggapan jika tim ini akan mampu memberikan kejutan pada tim-tim besar lain nya.

Menaggapi hal ini, Santos tidak merasa bangga atau pun senang dengan predikat tersebut. Justru dirinya ingin lebih berfokus dengan tim nya dan pemain andalan seperti Cristiano Ronaldo masih menjadi kartu AS sang pelatih dalam urusan mencetak gol.

Namun Santos sendiri tidak mengungkiri jika keberhasilan Ronaldo dalam putaran Euro tidak lepas dari bantuan rekan setimnya. Sosok CR7 julukan dari Ronaldo ini datang ke Prancis dengan bekal penampilan yang luar biasa hebat, dimana pemain Real Madrid ini sukses mengantarkan klub nya meraih gelar juara ke 11 nya dalam ajang Liga Champions 2015/16.

Di lain sisi Ronaldo juga tampil ganas, selama satu musim kemarin. Ronaldo sukses mengumpulkan 51 gol dari 48 pertandingan di semua kompetisi yang dia mainkan bersama Los Blancos.

“Di Real Madrid, dia menjadi aktor penting dan bersama kami, dia juga masuk sebagai yang terpenting. Jika anda melihat pemain dengan kesuksesan nya menjebol gawang sebanyak 50 sampai 60 gol per musim. Jelas akan menjadi pemain penting bagi tim mana pun dan tidak bisa kita bayangkan betapa berharga nya sang pemain itu,” ungkap Santos dalam sesi wawancara nya dengan reporter.

“Akan tetapi, semua itu tidak mungkin Ronaldo dapatkan tanpa bantuan dari rekan-rekan nya di tim. Tidak ada yang bisa memenangkan pertandingan dengan sendiri. Anda akan dipastikan membutuhkan kehadiran orang lain untuk mewujudkan itu semua,” tutupnya.

2003 menjadi awal kehadiran Ronaldo di timnas Portugal, sampai sekarang ini. Ronaldo suda mengoleksi 56 gol dalam 125 laga yang dimainkannya bersama Portugal. Pencapaian gol nya itu disinyalir akan terus bertambah, mengingat Ronaldo pernah mengungkapkan jika dirinya akan pensiun pada usia 40 tahun lebih.

Di Euro 2016 Prancis, Portugal tergabung di Grup F bersama dengan Hungaria, Islandia dan Austria. Laga perdana mereka akan melawan Islandia pada 14 Juni 2016 dan melihat tim yang mengisi grup tersebut, Portugal diprediksi akan melaju mudah hingga babak 16 besar.