Tiga Negara Ini Jadi Calon Tuan Rumah Di Piala Dunia 2026

Terdapat tiga negara yang mencalonkan diri sebagai tua rumah dalam perhelatan Piala Dunia 2026 yang akan datang. Mereka adalah Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tiga negara CONCACAF itu sudah mengumumkan niat mereka menjadi calon tuan rumah Piala Dunia 2016 lewat sebuah konferensi pers yang dilaksanakan di New York, pada Senin (10/4/2017). Acara itu turut dihadiri presiden federasi sepakbola dari tiap negara, yakni, Sunil Gulati dari AS, Victor Montagliani dari Kanada, dan Decio De Maria dari Meksiko.

Perhelatan turnamen ini menjadi yang pertama sejak FIFA memperbarui jumlah peserta yang dulunya hanya 32 tim, kini sebanyak 48 tim. Jika ketiga negara ini berhasil menjadi bagian dari pemilihan tuan rumah untuk perhelatan Kompetisi bola dunia itu, ini menjadi debut sebuah ajang Piala Dunia dilaksanakan di tiga negara yang beda.

AS pernah menjadi tempat penyelenggaraan turnamen ini di tahun 1994, sementara Meksiko sudah dua kali sebagai tuan rumah, yakni pada musim 1970 dan 1986. Untuk Kanada sendiri, pernah sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita 2015 yang lalu.

Di sisi lain, keputusan siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 akan segera dirilis di bulan Mei 2020 nanti. Berbagai negara di Eropa dan Asia tidak akan bisa menjadi calon tuan rumah turnamen ini, pasalnya ajang di tahun 2018 nanti akan dilaksanakan di Rusia dan Qatar menjadi tuan rumah di tahun 2022.

Dalam berkas-berkas yang akan diberikan, AS rencananya akan melaksanakan 60 laga, dengan Kanada dan Meksiko sebanyak 10 laga.

” Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada sudah memperlihatkan keahlian yang sangat mengesankan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2016. Kami yakin mereka akan memberikan yang terbaik untuk kompetisi bola dunia ini, ” ujar Sunil Gulati.