Tuan Rumah Euro 2024 Jadi Milik Jerman

Tuan Ruma Euro 2024

Selamat untuk Jerman, mungkin ungkapan inilah yang pantas diberikan untuk mereka karena berhasil meyakinkan banyak pihak bahwa pargelaran Euro 2024 mendatang akan di gelar disana. Melalui Komite Eksekutif UEFA yang berlangsung di Nyon, Kamis kemarin, Jerman mendapatkan suara terbanyak dan juga dinyatakan layak untuk menggelar pertandingan negara-negara Eropa terbaik.

Dalam pungutan suara, Jerman berhasil mengalahkan Turki. Jerman mendapatkan 12 suara, sementara Turki hanya mendapat dukungan empat suara. Sedangkan suara golput 1 suara yang bisa dikatakan sangat layak dan pantas untuk Jerman sebagai tuan rumah.

“Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Jerman dan Turki karena mereka mau menawarkan diri. Saya benar-benar antusias untuk merayakan yang terbaik dari Euro 2024, dan saya tahu Jerman akan menjadi tuan rumah fantastis dan kita akan melihat turnamen yang fantastis di dalam dan di luar lapangan,” tulis Ceferin di akun resmi FIFA.

“Prosedur bersifat transparan. Jajak pendapat dilakukan secara demokrasi. Setiap keputusan demokrasi adalah keputusan yang tepat. Kata yang harus saya katakan berulang kali adalah saya tidak sabar untuk menyambut Piala Eropa yang fantastis pada 2024,”

Kepastian ini kembali membuat kejutan dengan memastikan Jerman sebagai negara tunggal dalam penyelenggaraan pesta akbar dunia sepak bola Eropa tersebut. Berkaca pada keputusan Euro sebelumnya, dimana Euro 2020 akan berlangsung di 12 kota pada 12 negara berbeda.

Terpilihnya Jerman sebagai tuan rumah bukanlah yang pertama, mereka sudah pernah mencatatkan diri sebagai tuan rumah pada tahun 1988 sebagaimana mereka ketika itu masih bernama Jerman Barat. Reinhard Grindel sebagai Presiden Asosiasi Sepakbola Jerman (DFB) tak kuasa menahan rasa bangga atas negaranya.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Exco UEFA untuk kepercayaan dan keyakinannya. Saya sepenuhnya sadar akan tanggung jawab dan seberapa besar turnamen ini berarti untuk UEFA. Mulai besok dan seterusnya kami akan lakukan apa yang kami bisa untuk memenuhi harapan tinggi yang Anda miliki dari kami,” ucap Grindel.