UEFA Rilis 18 Wasit Yang Akan Bertugas Di Euro 2016

Jelang digelarnya turnamen akbar Piala Euro 2016 Prancis, pihak penyelenggara terus melakukan beberapa pembenahan dalam sektor keamanan, transportasi dan juga tentunya didalam kondisi pertandingan itu sendiri. Belum lama ini UEFA telah mengumumkan daftar wasit yang akan memimpin jalan nya laga pada ajang terbesar benua Eropa tersebut.

Dalam sebuah kompetisi pertandingan sepakbola, ada beberapa yang menjadi soroton utama selain dari pemainnya juga termasuk pada keberadaan Wasit disana, ini jelas merupakan salah satu kategori yang cukup penting dalam keberlangsungnya sebuah kompetisi sepakbola. Sebagai penengah dan pengadil di lapangan, peran wasit dapat mempengaruhi perolehan pada hasil akhir sebuah pertandingan .

Pada saat diselenggarakannya Euro tahun 2016 ini, kala itu UEFA menyadari bahwa posisi pada wasit yang sudah ahli dibidangnya sangat penting atas kelancaran acara tersebut. Maka dari itu pada awal Maret lalu, disampaikan bahwa UEFA resmi menobatkan 18 Wasit yang akan bertugas mengadili sebanyak 51 pertandingan.

Dari beberapa wasit yang dipilih adalah termasuk dalam kategori wasit yang berpengalaman di Eropa dengan adanya sertifikasi tertinggi. Disamping itu pada 18 Wasit ini berasal dari 17 negara yang berbeda dan setelah itu mereka akan menjalani beberapa serangkaian tes dan pelatihan untuk kelancaran Euro 2016 Prancis.

Wasit Euro 2016

Dari sejumlah nama wasit yang sudah terkenal seperti Mark Clattenburg, Cuneyt Cakir, dan Martin Atkinson juga turut ambil bagian dalam urutan 18 wasit yang bertugas untuk memimpin pertandingan pada Euro tahun 2016 nanti. Berikut ini adalah daftar urutan lengkap dari 18 wasit yang akan bertugas mengadili Euro 2016 nanti.

1. Martin Atkinson (Inggris
2. Cüneyt çakir (Turki)
3. William Collum (Skotlandia
4. Ovidiu Hategan (Romania)
5. Viktor Kassai (Hungaria)
6. Björn Kuipers (Belanda)
7. Milorad Mažic (Serbia)
8. Nicola Rizzoli (Italia)
9. Damir Skomina (Slovenia
10. Felix Brych (Jerman)
11. Mark Clattenburg (Inggris)
12. Jonas Eriksson (Swedia)
13. Sergey Karasev (Russia)
14. Clément Turpin (Prancis)
15. Carlos Velasco Carballo (Spanyol)
16. Pavel Královec (Republik Ceko )
17. Szymon Marciniak (Polandia)
18. Svein Moen (Norwegia)

Dengan dirilisnya daftar resmi wasit yang akan memimpin semua pertandingan yang berlangsung dipargelaran Piala Euro 2016 Prancis nanti, sangat diharapkan para pengandil lapangan tersebut bisa memberikan keputusan-keputusan yang benar dan sangat tidak diharapakan adanya keributan ataupun skandal pertandingan yang sudah berlangsung. (Alvian)