UEFA Siap Perkenalkan 1 Kompetisi Baru

Kompetisi Baru UEFA

UEFA selaku lembaga pengawasan sepak bola Eropa memiliki tanggung jawab penuh atas dua kompetisi yang saat ini masih bergulir. Dua kompetisi ini menghadirkan banyak klub Eropa dari berbagai penjuru. Dan masuk pada era baru pada tahun 2021-2022 mendatang, UEFA disebutkan akan memperkenalkan satu kompetisi baru.

Untuk sementara ini, Liga Champions dan Liga Europa adalah dua kompetisi yang mengatasnamakan UEFA. Dua kompetisi ini berdiri sejak tahun 1955, dan menariknya disini, nama tersebut sudah berganti nama sebanyak dua kali dan selalu menyajikan pertandingan-pertandingan seru.

Dengan dua kompetisi tersebut, UEFA dikatakan berhasil menarik animo pecinta sepak bola. Kini mereka bersiap memberikan sentuhan baru dengan bocoran satu kompetisi yang berbeda dari Liga Champions dan Liga Europa.

Melalui Andrea Agnelli, Presiden Asosiasi Klub Eropa (ECA), ternyata memiliki wacana untuk memperbanyak jumlah klub yang berpartisipasi di tingkat Eropa. Itu artinya, UEFA harus memberikan satu wadah baru untuk menampung klub-klub baru bertanding.

Agnelli pun mengaku sudah mendapatkan lampu hijau dari para petinggi UEFA untuk agenda pelaksanaannya. Hal ini disampaikan langsung oleh dia dalam acara rapat ECA yang digelar di Split, Kroasia.

“Keputusan akhir ada di komite eksekutif UEFA, ‘lampu hijau’ telah diberikan untuk memperkenalkan kompetisi ketiga. Membuat jumlah keseluruhan klub menjadi 96, dimulai musim 2021-2022 nanti,” demikian penyampaian Agnelli yang menjabat juga sebagai presiden Juventus.

Kompetisi Ketiga UEFA

Kompetisi baru ini akan menjadi kompetisi ketiga dan diikuti oleh 32 tim dengan format grup. Jumlah itu pun membuat ajang UEFA lain yang akan mengurangi kuota tim. Liga Europa, yang sebelumnya diikuti 42 tim, akan dikurangi hingga menjadi 32 tim dengan format yang sama. Sedangkan Liga Champions sendiri tidak mengalami perubahan sama sekali, baik format maupun jumlah tim.

“Faktor akhir dari rencana ini adalah kebutuhan untuk meningkatkan nilai dari keseluruhan kompetisi. Sampai saat ini, semua berjalan lancar dengan harapan besar.” tutup Agnelli.